Kartu Memori MicroSD 400 GB Resmi Dijual di Indonesia

Western Digital merilis kartu memori microSD berkapasitas terbesar di dunia. Perangkat yang dimaksud bernama SanDisk Ultra microSDXC UHS-I dengan kapasitas 400 GB.

SanDisk Ultra microSDXC UHS-I card 400 GB ini bakal dipasarkan di Indonesia mulai November 2017 mendatang. Harga kartu memori microSD 400 GB ini cukup tinggi, yakni Rp 4,4 juta dengan garansi selama 10 tahun.

“Jika ada kerusakan, langsung ganti (produk baru),” kata Idris Effendi, Country Manager Client Solutions Western Digital Indonesia, di acara peluncuran kartu microSD tersebut di Jakarta, Selasa (19/9/2017).

Lantas, mengapa Western Digital merilis produk dengan kapasitas sebesar itu? Menurut Idris, saat ini kebutuhan media penyimpanan sudah semakin besar. Kamera sudah mengambil gambar dengan resolusi yang besar dan juga video dengan kualitas lebih tinggi, yakni mencapai 8K.

Selain itu, saat ini perangkat drone juga menggunakan kartu microSD sebagai media penyimpanan video yang diambilnya. Video yang diambil pun rata-rata dimulai dari kualitas HD hingga 4K.

Semakin tinggi kulitas video yang diambil, tentunya kapasitas memori yang dibutuhkan semakin besar.

“Satu video Full HD saja rata-rata butuh kapasitas 2 GB. Berarti 100 video Full HD sudah memakan 200 GB,” kata Idris.

Western Digital menargetkan penggunaan kartu microSD dengan kapasitas terbesar di dunia ini di perangkat drone, action camera, kamera 360, dan konsol game. Selain itu, kartu memori ini juga cocok digunakan untuk menyimpan musik dan juga film.
Dengan kapasitas 400 GB, kartu ini dapat menyimpan video Full HD berdurasi hingga 40 jam. Ia memiliki kemampuan transfer supercepat hingga 100 MB per detik yang diklaim dapat memindahkan 1.200 foto dalam 1 menit.

Selain itu, microSDXC Ultra UHS-1 400 GB ini memenuhi spesifikasi A1 App Performance Class. Perangkat yang memenuhi spesifikasi tersebut dikatakan dapat memuat berbagai aplikasi dengan lebih cepat dibandingkan produk tanpa sertifikasi tersebut.

Selain berukuran 400 GB, kartu microSD dengan sertifikasi A1 ini hadir dengan kapasitas 8 GB, 16 GB, 32 GB, 64 GB, 200 GB, dan 256 GB.

Western Digital sendiri resmi menyelesaikan proses akuisisi SanDisk pada tahun 2016 lalu. Setelah itu, SanDisk menjadi merek dari Western Digital, tidak berdiri sebagai perusahaan sendiri.

Sumber: kompas.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *